Jumat, 25 Maret 2011

Mengenal Sejarah Hacker dan Tokoh - tokohnya

Hola dekaters pa kabar kalian ??? kami harap kabar kalian selalu baik, untuk posting kali ini kami sedikit berbagi informasi mengenai dunia hacking dan tokoh-tokohnya, seperti yang kita ketahui bahwa hacker muncul sejak era perang dunia II / sejak komputer pertama kali tercipta. Nah untuk mengetahui lebih lengkap-nya lagi informasi mengenai hal ini ikuti berita dibawah ini :
Siapakah sebenarnya mereka ?
Nampaknya memang sudah hukum alam bahwa perkembangan teknologi akan melahirkan kelompok sosial baru. Di sisi yang lebih umum, atau katakanlah sisi "terang", kita bisa melihat programmer, teknisi, pemain game komputer, dsb. Sementara itu di sisi yg lebih "gelap", juga muncul berbagai kelompok baru.
Sejarah Hacker
Mungkin tidak banyak yg tahu. bahwa hacker, sebagai sebuah kelompok dalam masyarakat komputer, telah melalui suatu perjalanan yg panjang, mengalami evolusi, perkembangan dan berbagai perubahan, hingga akhirnya mencapai bentuk yg dikenal orang sekarang ini.
Masa masa awal
Semua berawal pada era komputer raksasa (benar-benar raksasa), sekitar akhir Perang Dunia II (1945) samapai tahun 60-an. Pada masa itu, komputer, selain besar juga merupakan barang langka, yg tidak bisa digunakan sembarang orang. Contoh komputer raksasa yg terkenal di sekitar tahun 40-50`an adalah Electronic Numerical Integrator and Calculator (ENIAC) yg berbobot 30ton dan Mark1, yang masih diprogram dengan bahasa tingkat rendah assembler demi optimasi kecepatan (pada zaman itu komputer masih amat, amat, amat lambat).
Tokoh-tokoh beken pada zaman itu, misalnya Seymour Cray (perancang lini superkomputer CRAY yg digunakan di berbagai instansi penting AS) dan Eckert umumnya adalah ilmuwan-ilmuwan kelas atas yg mampu merancang komputer serta perangkat lunaknya sekaligus. Cray sendiri misalnya, memiliki gelar Master dalam bidang matematika terapan dari universitas Minnesota. Konon, ia bahkan pernah merancang sendiri sebuah komputer sekaligus sistem operasinya (dalam bahasa mesin) yg kemudian berjalan tanpa cacat.
Suatu hari pada tahun 1961, lab kecerdasan buatan (AI) Massachusets Institute of Technology (MIT) memperoleh komputer pertamanya, sebuah PDP (Programmable Data Processor)-1 buatan Digital Equipment Corporation. Para mahasiswa lab AI memanfaatkanya untuk bereksperimen. Pada saat itu mereka berprinsip bahwa akses komputer harus menyeluruh, dan karena itu mereka juga mengadakan penyusupan-penyusupan untuk menggunakan komputer tersebut di luar waktu yg diberikan. Ini mungkin cikal-bakal dari penyusupan-penyusupan yg dilakukan hacker modern.
Selain program, mereka juga bekerja dalam pembuatan proyek MAC (Multiple Acces Computer), komputer multi-user yg pertama. Para mahasiswa MIT inilah yg pertama kali menggunakan istilah "hack" yg kala itu berarti "teknik pemrograman yg kreatif, yg mampu memecahkan suatu masalah secara jauh lebih efisisen daripada teknik biasa". Pada saat itu hack sangat bermanfaat karena dapat menghemat sumber daya para "besi raksasa" tsb.
Pada tahun 1970-an, kembali berbagai perkembagan muncul di dunia hacker pada khususnya dan dunia perkomputeran pada umumnya. Tahun 1970 adalah tahun dimana lahirnya OS UNIX dari tangan Ken Thompson dan Dennis Ritchie (Bell Labs). Dennis Ritchie juga menciptakan bahasa C, dan kedua perangkat lunak itu, dengan kemampuan untuk digunakan di berbagai OS (kontras dgn program di masa itu yg bersifat hardware-specific), amat populer di kalangan hacker karena memudahkan mereka.
Namun demikian, kalangan hacker di saat itu masih terdiri dari "penghuni universitas", karena memang saat itu komputer masih ada di univesitas-universitas, di samping instansi pemerintah. Keadaan ini berlangsung sampai pertengahan 70-an.
Lalu datanglah perubahan itu. Komputer pribadi. Kelahiran komputer pribadi Altair pada pertengahan 70-an membawa perubahan besar pada dunia hacker, demam komputer pribadi ini dengan sendirinya meningkatakan jumlah hacker. Namun dibandingkan pendahulunya hacker-hacker ini lebih banyak berkutat di perangkat lunak/software.
Aktivitas hacker sebenarnya dapat dibagi jadi 4 tahapan :
  1. Mencari sistem komputer untuk dimasuki dan mengumpulkan informasi
  2. Menyusup Masuk
  3. Menjelajahi sistem tsb.
  4. Membuat backdoor dan menghilangkan jejak

Ada baiknya kalau kita melihat beberapa tokoh hacker terkenal, baik dari kalangan 60-an ataupun dari generasi yg muncul kemudian. Terlepas dari baik buruknya, mereka adalah hacker-hacker terkenal di dunia bawah tanah komputer ataupun di dunia "atas tanah". Berikut adalah daftar nama-nama mereka :
Dennis M. Ritchie
Dennis M RitchieNama Handle dmr dilahirkan di Bronxville, New York pada tanggal 9 September 1941, ia memperoleh gelar BSc di bidang Fisika dan gelar PhD Matematika Terapan di Harvard University. Pada tahun 1967 atau setahun sebelum tesis doktoral selesai, ia mengikuti jejak ayahnya bekerja di Bell Laboratories. Proyek Komputer pertamanya di Bell adalah sistem operasi Multics, yang merupakan proyek kerjasama Bell Laboratories, MIT dan General Electric. Dennis kemudian bekerjasama dengan Ken Thompson, dan menulis sistem operasi UNIX yang kemudian diketahui sebagai sistem operasi pertama yang dapat digunakan di berbagai jenis komputer. Untuk menghasilkan sistem operasi ini, ia dan Ken Thompson menyempurnakan bahasa pemrograman B karya Ken, kemudian menghasilkan bahasa C, yang digunakan untuk menulis UNIX dan program bantunya. Sampai sekarang Dennis dan Ken masih aktif di Bell Labs. Proyeknya yang sudah diselesaikan antara lain sistem operasi Plan9 dan Inferno.
Ken Thompson
Ken ThompsonKen Thompson adalah mitra kerja Dennis yang bisa dibilang paling dekat mulai proyek penyempurnaan bahasa pemrograman B, kemudian menghasilkan bahasa C, lalu membuat sistem operasi UNIX, dan seterusnya. Kerjasama Ken dan Dennis yang kompak ini terlihat dari hasil dan beberapa penghargaan yang mereka terima. Bahkan semua penghargaan yang diperoleh Ken dan Dennis adalah hasil kerjasama mereka. Penghargaan penghargaan tersebut antara lain ACM Award (1974), IEEE Emmanuel Piore Award (1982), Bell Laboratories Fellow (1983) Asociates for Computing Machinery Tuning Award (1983), U.S National Medal of Technologu (1999) dll.
Ricard M. Stallman
Ricard M StalmanNama Handdle RMS lahir tahun 1953 dan merupakan salah seorang hacker generasi pertama yang paling terkenal. Ia pertama kali menggunakan komputer saat berumur 16 tahun, di IBM Scientific Center tahun 1971, setelah lulus undergraduate (S1) Harvard University, ia bekerja di laboratorium kecerdasan buatan Massachusets Institute. Ia bersama hacker-hacker generasi pertama MIT membuat berbagai macam program bantu untuk komputer-komputer raksasa yang dignakan MIT saat itu. Pada tahun 1980 ia secara resmi keluar dari MIT. Ia juga membuat sistem operasi GNU pengalaman semasa di MIT digunakannya untuk membantu Steven Levy menulis bukunya yang berjudul Hackers Heroes of The Computer Revolution, tahun 1984. Belakangan ini ia menentang anggapan bahwa perangkat lunak adalah hak milik pribadi, dan mendirikan Free Software Foundation. Modul modul program buatan Free Software Foundation lah yang kemudian menolong Linus Torvalds dalam menciptkan Linux. Selain itu Stallman juga menyatakan ketidakpuasannya terhadap trend hackers dewasa ini, dan secara pribadi menolak penggunaan kata hacker untuk merujuk kepada orang-orang yang memasuki sistem orang lain.
Steve Mozniak
Ia dibesarkan di Sunnyville, waktu muda ia bercita-cita memiliki komputer sendiri. Semasa sekolah, ia sering membuat desain-desain komputer. Kecerdasannya di bidang matematika dan bantuan ayahnya, seorang insinyur, membantunya dalam berbagai proyek elektonikanya. pada pertengahan 1975, steve berhasil merancang komputer pribadinya. Saat itu konsep komputer pribadi Steve diremehkan perusahaan-perusahaan besar seperti IBM, yang memilih untuk memproduksi komputer-komputer berkemampuan besar yang berukuran raksasa dan mahal. Lalu, Steve bekerjasama dengan seorang rekannya Steve Jobs, dan mendirikan Apple Computer. Produk pertama dari perusahaan dengan dua orang karyawan ( hanya Mozniak dan Jobs) itu adalah Apple I, tetapi produk yang membuat Apple Computer terkenal adalah Apple II, yang keluar pada tahun 1977. Segera setelah itu (1980) Apple Computer Go Publik, dan steve Mozniak saat itu berusia 30 tahun, menjadi jutawan baru. Setelah beberapa lama menikmati kesuksesan Apple Computer, Steve Mozniak memutuskan untuk keluar. Tetapi pada tahun 1996, ia kembali lagi ke perusahaan itu dengan jabatan penasehat.

Robert T. Morris
Robert Morris
Nama Handlenya adalah RTM. Robert Tappan Morris dilahirkan pada tahun 1966, ia adalah putra dari seorang ilmuwan National Computer Security Center (bagian dari National Security Agency Amerika Serikat), yaitu Robert Morris Senior. Sayang ia tidak seperti ayahnya Robert Morris Senior, ia justru terkenal karena mengacaukan internet dengan program worm ciptaanya. Penemuan Robert Morris junior dengan komputer sebenarnya berawal ketika ayahnya membawa salah sati komputer penyandi pesan Enigma (digunakan tentara jerman pada masa perang) dari tempat kerjanya. Pada saat remaja Robert Morris sudah berhasil meng hack sistem komputer Bell Labs dan memperoleh akses super user. Pada tanggal 2 November 1988, saat masih menuntut ilmu di Cornell University. Robert Morris menulis sebuah program worm (yang menurutnya ditujukan untuk penelitian). Worm karya Morris memiliki kemampuan untuk menyebar di internet secara otonom, memanfaatkan kelemahan yang umum pada sistem UNUX, mengeksploitasi sendmail dan berbagai kemampuan lainnya. Program worm tersebut kemudian menyebar secara tak terkendali dan akhirnya memacetkan ribuan komputer di internet. Kasus ini akhirnya mendorong pembentukan CERT ( Computer Emergency Resource Team ), badan pertama yang bertugas menangani kasus-kasus keamanan di internet. Robert Morris sendiri didenda US $ 10.000 dan menjadi orang yang paling terkenal karena menulis virus.

Kevin Poulsen
Poulsen
Komputer pribadi pertama Poulsen adalah TRS (trash 80) komputer yang sama yang digunakan tokoh film War Games. Poulsen pada akhir tahun 1980 berurusan dengan FBI karena berhasil menembus sistem komputer mereka. Dengan aksesnya itu ia berhasil mendapatkan seluruh data-data "perusahaan" yang dijalankan oleh agen-agen FBI. Ia dicari dengan tuduhan membahayakan keamanan nasional, Kevin poulsen terpaksa bersembunyi. Dalam pengejaran, pada tahun 1990, ia berhasil memenangkan kontes telepon yang diselengarakan oleh sebuah radio di Los Angeles. Caranya cukup unik, yakni mengambil alih sistem komputer perusahaan telepon Los Angeles, memblokir semua telepon ke stasiun radio tersebut, dan membuat dirinya sendiri menjadi penelpon ke 102 ( dan otomatis menjadi pemenang) dalam kontes itu. Sebagai hadiah ia memperoleh sebuah mobil Porsche 944 S2, dan juga liburan ke Hawaii. Setelah tertangkap, ia dihukum 5 tahun, atas tuduhan pencucian uang dan kejahatan telepon. Pada tahun 1998 lalu ia dibebaskan dan kembali ke masyarakat, dan menjadi penulis tetap pada perusahaan ZDTV. Rubrik yang diasuhnya adalah Chaos Theory, sebuah rubrik kejahatan komputer yang muncul setiap Jumat.
Kevin Mitnick
Mitnick
Kevin David Mitnick mungkin merupakan hacker yang paling banyak dipublikasikan karena terlibat perkara-perkara kriminal. Lahir pada tahun 1963, ia memulai karir hackingnya semasa masih remaja di Los Angeles, sekitar tahun 70-an. Orang tuanya bercerai, da ia tinggal bersama ibunya. Semasa remaja, karena ia tidak mampu membeli komputer, ia menghabiskan waktunya di sebuah toko Radio Shack dan bermain-main dengan komputer disana. belakangan, Mitnick meneruskan kegiatan hackingnya, dan menimbulkan konflik dengan penegak hukum AS. Aksinya antara lain adalah di WELL (Whole Earth Lectronic Link), dan di komputer-komputer pakar keamanan komputer (Dan Farmer, Erick Allman dsb). Akhirnya ia ditangkap untuk kelima kalinya pada bulan Februari tahun 1995 setelah pelacakan FBI yang dibantu pakar keamanan Tsutomu Shimomura. Tuduhannya antara lain pemilikan 20.000 nomor kartu kredit curian, menyalin sistem operasi DEC ( Digital Equipment Corporation ) secara ilegaldan menggunakan komputernya untuk mengambil alih seluruh hub jaringan telepon New York dan California. Namun perlakuan tidak adil dari penegak hukum (antara lain penahanan sejak tahun 1995 tanpa uang jaminan dan tanpa prosen peradilan) dan media massa telah menimbulkan gelombang pro Mitnick. Ini ditunjukan antara lain dngan protes, pembuatan home page yang dikhususkan untuk Kevin Mitnick, dan pemasangan logo "Free Kevin" di berbagai situs Under Ground yang mendukung.
John Draper
Drapper
Nama Handle : "Cap'n Crunch". John Draper adalah seorang figur yang menginginkan menelpon gratis kemana saja dan kapan saja. Dia adalah hackers generasi pertama yang beroperasi di bidang telekomunikasi dan dia mendapat julukan Phreaker yaitu Hacker di bidang telekomunikasi. Dia menemukan cara untuk melakukan hubungan telepon jarak jauh yaitu dengan sebuah kotak sereal yang pada tutupnya diberi sebuah peluit, lalu peluit itu ditiup secara perlahan-lahan maka akan menghasilkan nada 2600 Mhz dengan sempurna, setelah itu peluit itu ia dekatkan kepada pesawat penerima telepon maka telepon akan tersambung tanpa biaya. John Draper pernah bertugas di US Air Force dan mendapat penghargaan pada tahun 1968 setelah kembali dari Vietnam.
Johan Helsingius
Helsingius
Nama Handle " Julf". Kegiatan yang membuatnya terkenal adalah membuat anonymous remailer, yang dikerjakan di penet.fi, toko miliknya yang akhirnya ditutup pada bulan September 1996. Helsingius membuat perkara kriminal pada pertengahan tahun 1995 yang berakhir di tangan kepolisian setelah Church of Scientology meng complain pelanggan penet.fi yang memasuki jaringan rahasia Church of Scientology lewat jaringan internet. Dia menggunakan komputer dengan spesifikasi mesin 486 dengan harddisk 200 Mega Byte.
Vladimir Levin
Levin
Vladimir Levin mendapatkan gelar Graduate di St. Petersburg Tekhnologichesky University, dia seorang ahli di bidang matematika. Yang membuatnya terkenal adalah pembobolan sistem komputer pada bank-bank terkenal di Wall Street, New York salah satu bank yang ia bobol adalah Citibank yang terjadi pada tahun 1994. Dalam Operasinya ia dibantu oleh rekan rekannya yang menamakan dirinya Russian Hackers Gank, dia berhasil menggondol uang sebanyak US$ 10.000.000 dengan cara tansfer ke rekening-rekeningya yang berada di Finlandia, Netherland dan Israel, tetapi akhirnya dia ditangkap interpol di Bandara Heathrow, london pada tahun 1995 lalu di ekstradisi ke Amerika serikat untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya. Dalam beroperasi dia menggunakan Laptopnya, pada waktu itu ia masih bekerja di perusahaan komputer AO Saturn, St. Petersburg, Russia, dan komputer itu pula yang digunakan untuk membobol Citibank. Levin adalah hacker yang paling dicari-cari oleh agen-agen FBI pada waktu itu.
Linus Torvalds
Torvalds
Linus Benedict Torvalds dilahirkan di Helsinki, Finlandia pada tahun 1970. Pada saat muda, komputer pribadi mulai berkembang pesat. Saat menjadi mahasiswa, ia bercita-cita menulis sistem operasi yang lebih bagus dari DOS, dan gratis. Pada masa itu ia masih mengunakan MINIX klon dari UNIX yang berukuran lebih kecil, dan fasilitasnya masih relatif terbatas. Mahasiswa ilmu komputer di University of Helsinki ini lalu mendiskusikan idenya ini dengan rekan-rekannya. Dengan bantuan rekan-rekannya itu, ia merancang LINUX, sistem operasi yang mirip UNIX (yang fasilitasnya jauh diatas MS-DOS). Dalam waktu sekitar tiga tahun , mereka berhasil menyelesaikan Linux, dan mendistribusikannya secara cuma-cuma. Linux kemudian berkembang menjadi berbagai versi ( Linus Torvalds sendiri menggunakan versi Red Hat ). Pada awal tahun 1997, Linus dan istrinya, Tove, pindah dari Helsinki ke Santa Clara, California Amerika Serikat. Mereka dikaruniai dua orang putri, Patricia Miranda Torvalds dan Daniela Torvalds. Linus sekarang bekerja di perusahaan Trans Meta.

Yuhuuu... bertambah lagi dech ilmu kita, nah sobat di antara deretan tokoh-tokoh hacker terkenal diatas ada 1 ( satu ) tokoh hacker yang paling dikenal ( the most hacker ) dia seluk beluk kehidupan dunia nya dan komputer penuh dengan kontroversi, siapakan dia ?? siapa lagi kalau bukan " Kevin Mitnick " hingga kisah hidupnya pun dikisahkan didalam sebuah buku yang berjudul
" The Art of Intrusion: The Real Stories Behind the Exploits of Hackers, Intruders & Deceivers "

mau tau bagaimana sepak terjang Kevin dalam dunia Hacking ?? kalian dapat me - download artikel nya di sini artikel tersebut dimuat dengan format .rar gunakan password www.softarchive.net untuk me - ekstraknya.
Ada juga film dokumentasi tentang hacker di New York, besar filenya 362 Mb. Film ini bercerita mengenai komunitas hacker di negara Paman Sam tersebut dan bagaimana cara mereka mengintimidasi program pada komputer, pokoknya seruuu dech.. cocok banged untuk kalian yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai dunia hacker untuk me - downloadnya klik ini .

Sekian dulu bro posting untuk kali ini sedikit informasi mengenai dunia hacker, semoga bermanfaat dan bagaimanapun juga, ”a crime is a crime” dan ”judge makes the rule" so wannabe a HACKER.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar