Senin, 25 Juni 2012

PROPOSAL KEGIATAN PKL


PROPOSAL KEGIATAN
                                                       PRAKTEK KERJA LAPANGAN
1. Pendahuluan
Perkembangan teknologi yang semakin cepat membutuhkan sumber daya manusia yang dapat diandalkan serta dapat mengikuti perkembangan dan perubahan-perubahan yang terjadi secara cepat untuk dapat diaplikasikan dalam dunia kerja. Sumber Daya Manusia sebagai salah satu faktor penentu dari proses perkembangan teknologi memegang peranan penting karena merupakan ujung tombak dari perkembangan teknologi. Dengan Sumber Daya Manusia yang mampu mengikuti perkembangan teknologi yang semakin berkembang, maka diharapkan tujuan nasional Negara kita dapat terwujud. Berdasarkan Undang-undang No 2 th 1989 tentang Pendidikan Nasional, serta PP 60 Th 1999 tentang Pendidikan Tinggi disebutkan bahwa pendidikan tinggi terdiri atas pendidikan akademik dan pendidikan profesional. Pendidikan akademik merupakan pendidikan yang diarahkan terutama pada penguasaan Ilmu Pengetahuan, sedang Pendidikan Profesional merupakan pendidikan yang diarahkan terutama pada kesiapan penerapan keahlian tertentu. Salah satu perwujudan dengan diadakannya Praktek Kerja Lapangan (PKL) pada suatu lembaga-lembaga usaha khususnya pada bidang elektronika yang sangat diperlukan masyarakat dalam mendukung kegiatan kehidupan sehari-hari.
Politeknik sebagai salah satu pendidikan profesional mempunyai misi menghasilkan tenaga terampil yang menunjang kegiatan ekonomi, harus dapat menempatkan diri sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari sektor industri jasa maupun industri manufaktur. Program pendidikan Politeknik diharapkan dapat mempersiapkan dasar yang kuat untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dalam menghadapi era pasar bebas, sumber daya yang mampu berkembang dan tanggap terhadap tuntutan produk yang kompetitif. Untuk itu keahlian yang dimiliki oleh lulusan pendidikan Politeknik harus mencakup aspek kompetensi profesional (profesional competence) serta aspek tingkah laku profesional (profesional attitude). Kedua sikap tersebut dibentuk melalui proses pendidikan baik yang diselenggarakan dalam kampus maupun diluar kampus. Salah satu pelaksanaan pendidikan diluar kampus adalah Praktek Kerja Lapangan (PKL). Dari Praktek Kerja Lapangan ini mahasiswa diharapkan dapat menerapkan ilmu yang telah diperoleh di kampus dan dapat mengenal dunia kerja yang sesungguhnya.

2. Latar Belakang
Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) sebagai perwujudan kebijaksanaan dari “link and match” dalam proses dilaksanakann pada dua tempat yaitu di bangku kuliah dan dunia usaha / industri. Upaya ini dilaksanakan dalam rangka peningkatan mutu tamatan Politeknik khususnya Politeknik Negeri Jakarta dalam mencapai tujuan relevansi pendidikan dengan kebutuhan tenaga kerja.
Harapan utama dari penyelenggaraan praktik di dunia usaha / industri ini disamping keahlian profesional mahasiswa meningkat sesuai dengan tuntutan kebutuhan dunia usaha / industri, juga mahasiswa akan memiliki etos kerja yang meliputi : kemampuan kerja, motivasi kerja, inisiatif, kreativitas, hasil pekerjaan yang berkualitas, disiplin waktu dan kerajinan dalam bekerja.
3. Tujuan dan Kegunaan.
Tujuan dari praktek kerja lapangan ini adalah :
1. Untuk memenuhi syarat pembuatan proyek akhir.
2. Menjalin hubungan kemitraan antara dunia pendidikan dengan dunia industri.
3. Menambah wawasan dan pengetahuan tentang penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada di industri.
Sedangkan kegunaan Praktek Kerja Lapangan ini adalah :
a. Bagi Pelajar SMKN 36 JAKARTA
  1. Memperoleh pengalaman praktis tentang sistem operasi peralatan yang diterapkan di PT.KRAMA YUDHA RATU MOTOR dan CV.NAKOSTA
  2. Mengetahui terapan-terapan teori dan relevansinya.
  3. Mengenal dan merasakan sikap profesional yang dibutuhkan di industri.
  4. Menambah Pengetahuan serta wawasan pelajar dalam dunia industri
  5. Sebagai studi perbandingan antara teori dan praktek yang didapatkan PELAJAR di bangku SEKOLAH dengan kenyataan yang sebenarnya di lapangan (dunia kerja)
  6. Mengetahui secara lebih jelas mengenai kegiatan perusahaan khususnya yang berkaitan dengan dunia industri dan bisa mendapatkan pengalaman kerja
  7. Dapat mengukur kemampuan atau ketrampilan yang dimiliki serta mendapatkan pengalaman atau ketrampilan baru.
  8. Membantu Pelajar untuk mendapatkan pengalaman kerja secara nyata dalam lingkup pekerjaan di perusahaan
  9. Mendapatkan data-data detail yang akan digunakan dalam penyusunan Laporan Praktek Kerja Lapangan dan pembuatan Tugas Akhir khususnya pada bidang yang menjadi pokok permasalahan Praktek Kerja Lapangan.
b. Bagi PT KRAMA YUDHA RATU MOTOR dan CV.NAKOSTA
PT KRAMA YUDHA RATU MOTOR dan CV.NAKOSTA dapat menilai kualitas pendidikan Politeknik Negeri Jakarta, memberi masukan kompetensi yang sesuai, sehingga akan membantu meningkatkan kemampuan lulusan yang dibutuhkan dunia kerja dan meningkatkan peran terhadap dunia pendidikan.
4. Ruang Lingkup Praktek Kerja Lapangan
Ruang lingkup Praktek Kerja Lapangan ini sesuai ilmu pengetahuan yang telah diberikan di Perusahaan kepada Pelajar SMKN 36 JAKARTA Praktek Kerja Lapangan, diantaranya meliputi Perakitan mobil Mitsubishi
Waktu, Tempat Pelaksanaan dan Jumlah Peserta.
Praktek kerja lapangan ini dilaksanakan dalam  semester genap yaitu pada bulan Januari sampai Juni 2012. Sedang lama pelaksanaan praktek kerja lapangan kurang lebih 3 bulan. Peserta PKL ini adalah Pelajar SMKN 36 JAKARTA program studi teknik PEMESINAN. Pelaksanaanya pada :
1. Bulan : Maret sampai bulan Mei
2. Tanggal : 01 Maret 2012 s/d 29 Maret 2012
 Tempat : PT KRAMA YUDHA RATU MOTOR
 Tanggal : 02 April s/d 31 Mei 2012
 Tempat : CV.NAKOSTA
Pelajar SMKN 36 JAKARTA yang akan melaksanakan Praktik Kerja Lapangan ( PKL ) pada PT.KRAMA YUDHA RATU MOTOR dan CV.NAKOSTA ada 1 orang yaitu :
Nama :romario
Tempat/Tgl.lahir : Jakarta, 14 Maret 1995
Alamat : JLN.Kebantenan 2 rt 10 / rw 05 no.45
HP : 081382418041
Nomor induk siswa :
Jurusan : TeknikAlat Berat
5. Metodologi Pelaksanaan PKL.
Metodologi yang dilakukan dalam pelaksanaan praktek kerja lapangan ini antara lain :
a. Metode Observasi, adalah metode pengambilan data dengan cara langsung mengamati dan mencatat pada objek yang dipelajari.
b. Metode Interview, adalah metode pengumpulan data dengan cara melakukan tanya jawab langsung kepada pihak petugas perusahaan di lapangan.
c. Metode Literatur, adalah pengambilan data dengan mempelajari literatur, yang berupa buku-buku, diktat ataupun bentuk lain yang berhubungan dengan objek yang dipelajari guna mendukung penyelesaian PKL sampai dengan penyusunan laporan.
d. Metode Bimbingan, adalah melakukan konsultasi dan bimbingan dalam mendokumentasikan bidang keilmuan yang diperoleh selama Praktek Kerja Lapangan, pembimbingan ini dilakukan kepada pembimbing lapangan di PT KRAMA YUDHA RATU MOTOR dan CV.NAKOSTA
6. Pembimbing PKL
Untuk membantu kelancaran pelaksanaan PKL ini Politeknik menugaskan kepada beberapa karyawan sebagai pembimbing pelajar. Tugas pembimbing antara lain :
a. Memberikan pembekalan kepada pelajar tentang kewajiban, sopan santun dan etika profesi yang harus dijaga dan dilaksanakan selama PKL.
b. Memberikan pengarahan serta bimbingan kepada mahasiswa selama PKL berlangsung sampai dengan penulisan laporan.
7. Kewajiban Mahasiswa Selama PKL
Agar dalam melaksanakan PKL Pelajar SMKN 36 JAKARTA memperoleh hasil yang maksimal, dan tidak merugikan PT KRAMA YUDHA RATU MOTOR dan CV.NAKOSTA, maka PELAJAR peserta PKL mempunyai kewajiban sbb :
a. Mentaati semua peraturan yang ditetapkan, mengikuti semua petunjuk dan saran yang diberikan oleh petugas lapangan, pembimbing lapangan maupun penanggung jawab PKL.
b. Mengikuti semua kegiatan PKL sesuai jadwal yang telah ditetapkan
c. Membuat laporan PKL sebagai syarat penyusunan Proyek Akhir.
8.Foto Praktek Kerja Lapangan di CV.NAKOSTA
                                                                                       
           
            


9. Penutup
Demikian proposal pelaksanaan praktek kerja lapangan di perusahaan / industri. Proposal ini saya buat untuk mendapatkan persetujuan. Atas perhatian dan kebijaksanaannya kami ucapkan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar