Sabtu, 02 April 2011

Tentang keylogger

Apa itu keylogger…? Keylogger adalah alat atau metode yang bisa merekam hasil penekanan didalam keyboard yang berupa hardware ataupun software, dengan metode ini maka hasil dari penekanan dari keyboard akan terekam/terbaca dengan lengkap sehingga pengguna keylogger akan leluasa mendapatkan data-data penting yang dimiliki orang lain seperti email, password dll, saat ini software keylogger bisa di dapatkan dengan mudah di dunia internet dari versi demo hingga full version bisa di download dengan sekali klik saja, untuk keylogger yang berjenis hardware tampaknya tidak perlu dikhawatirkan karena bisa dilihat dengan mata telanjang yang biasanya terletak diantara keyboard itu sendiri, seiring kemajuan tekhnologi informasi seperti sekarang ini, para programmer makin gencar memodifikasi software tersebut menjadi lebih canggih dan mempunyai fitur-fitur yang menarik seperti pengiriman hasil rekaman ke alamat email pengguna keylogger.

Ilustrasi
Ketika saya berada disebuah warnet tanpa basa-basi langsung saja saya install software keylogger, perekamanpun dimulai hanya dalam waktu 30 menit saya langsung meninggalkan warnet, sebelum pergi tidak lupa saya setting keylogger agar hasil rekamannya dikirim ke email saya tanpa bekerja keras saya sudah mendapatkan 4 email beserta passwordnya selama kurang dari 3 jam, kejadian tersebut hanya saya lakukan untuk mengetahui cara kerja yang dipakai software keylogger.
Dari penjelasan diatas setidaknya kita mengerti, minimal sedikit dari system kerja ataupun kegunaan dari keylogger itu sendiri, karena kita tidak akan menyadarai ketika komputer yang kita pakai dibayang-bayangi keylogger.
Meminimalisir serangan keylogger :
Seandainya saya mempunya email “keyboard#&*@yahoo.com” dan password ”logg%6745” maka ketika saya masuk kedalam acount yahoo saya yang terekam oleh keylogger sebagai berikut : ”keyboard#&*@yahoo.comlogg%6745[enter]”
Anda bisa membalikan bahkan mengacak susunan tersebut agar susah ditebak oleh sispapun dengan cara manuliskan password terlebih dahulu ”logg%6745” lalu menginput ”@yahoo.com” pada textbox email, klik pada desktop anda lalu ketik sembarang karakter seperti ”mikg^$%ed” lalu masukan email anda yang belum lengkap pada textbox sebelum karakter @ ”keyboard#&*” maka yang terekam oleh keylogger sebagai berikut : ”logg%6745@yahoo.commikg^$%edkeyboard#&*[enter]”, anda bisa membuatnya lebih berantakan lagi sehingga sulit di terka oleh siapapun, dengan lebih dari 20 karakter maka perlu kerja keras untuk menemukan email dan password anda.
Cara ini tentu tidak membuat proses pengiriman hasil rekaman gagal apalagi membuat keylogger berhenti merekam hasil penekanan pada keyboard tersebut tetapi, setidaknya bisa meminimalisir terjadinya pencurian password dan membuat kita lebih berhati-hati lagi ketika berselancar didunia internet khususnya bagi anda yang menjadikan internet sebagai ladang bisnis, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar